PEMEROLEHAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI
Main Article Content
Abstract
Peran bahasa sebagai alat komunikasi, baik lisan maupun tulis merupakan tuntutan
seseorang untuk mempelajarinya. Manusia tidak mungkin berkomunikasi dengan
mengabaikan bahasa karena kaitannya sebagai makhluk sosial. Seorang anak yang
mempelajari bahasa, baik sebagai bahasa pertama, maupun sebagai bahasa keduanya
tak lepas dari proses pemerolahan bahasa. Riset ini mengkaji pemerolehan bahasa
anak pada tataran dasar dalam bahasa kedua, yaitu bahasa Inggris, khususnya aspek
perbendaharan kata/vocabulary. Metode deskriptif kualitatif digunakan pada riset ini
dengan melibatkan anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana
hasil pemerolehan kosakata bahasa Inggris anak usia dini dengan temuan bahwa anak
mengalami kesulitan di dalam pelafalan (fonologi) untuk beberapa kosakata tertentu
dan media pembelajaran yang menarik dapat menggugah minat dan motivasi anak
dalam belajar.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
In order to be accepted and published by Mlangun, the author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript, the author(s) agreed to the following terms:
- The copyright of received articles shall be assigned to Mlangun as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish articles in various forms (including reprints). Mlangun maintains the publishing rights to the published articles.
- Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at Mlangun. authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Mlangun with an acknowledgment of initial publication to this journal.
- Users/public use of this website will be licensed to CC BY-NC-SA (Attribution & Non-Commercial-Share-Alike).
References
Adlini, M. N., et al. (2022). “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6(1): 974-980. https://
doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Alam, S. K. and R. H. Lestari (2019). “Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1): 274-279. doi: 10.31004/obsesi.v4i1.301
Alamsyah, A. (2018). Local Language, Bahasa Indonesia, or Foreign Language? 1st International Conference on Intellectuals’
G l o b a l R e s p o n s i b i l i t y ( I C I G R
, Atlantis Press. doi: 10.2991/
icigr-17.2018.15
Alwasilah, C. (2013). “Policy on Foreign
Language Education in Indonesia.”
International Journal of Education
(1): 1-19. https://www.learntechlib.
org/p/208914/.
Andini, H. (2018). “Pemerolehan Bahasa
Indonesia pada Anak Usia 0-2 Tahun:
Kajian Psikolinguistik.” LINGUA: Jurnal
Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 15(1):
-52. https://doi.org/10.30957/lingua.
v15i1.429
Ardy, W. N. (2016). “Konsep Dasar PAUD.”
Yogyakarta: Gava Media.
Aritonang, K. T. (2008). “Minat dan Motivasi
dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.”
Jurnal pendidikan penabur 7(10): 11-21.
Ariyanto, A., et al. (2023). “PKM Gizi
Seimbang Anak Usia Pra-Sekolah di
TK Islam Baiturrahim.” Jurnal Abdimas
Kesehatan (JAK) 5(1): 12-17. http://
dx.doi.org/10.36565/jak.v5i1.369
Birdsong, D. (2006). “Age and second
language acquisition and processing: A
selective overview.” Language learning
: 9-49.
Campbell, R. and R. Wales (1970). “The study
of language acquisition.” New horizons in
linguistics 1: 242-260.
Chaer, A. (2003). Psikolinguistik: Kajian
Teoretik, Rineka Cipta.
Clark, E. V. and M. Casillas (2015). First Language
Acquisition. The Routledge handbook of
linguistics, Routledge: 311-328.
Dardjowidjojo, S. (2000). Echa Kisah
Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia,
Penerbit Universitas Katolik Indonesia
Atma Jaya.
Dardjowidjojo, S. (2003). Psikolinguistik:
Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia,
Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Dulay, H. (1982). Language Two, ERIC.
https://eric.ed.gov/?id=ED227699
Dulay, H. C. and M. K. Burt (1974).
“Natural Sequences in Child Second
Language Acquisition 1.” Language
learning 24(1): 37-53. https://doi.
org/10.1111/j.1467-1770.1974.tb00234.x
Duncan, T. S. and J. Paradis (2020). “Home
Language Environment and Children’s
Second Language Acquisition: The
Special Status of Input from Older
Siblings.” Journal of Child Language
(5): 982-1005. https://doi.org/10.1017/
S0305000919000977
Pemerolehan Kosakata Bahasa Inggris ...
Achril Zalmansyah; Syadita Tria Risarani; Fachri Muhammad Rasyid et al.
Fajri, Z., et al. (2022). “Pemanfaatan Media
Pembelajaran Visual Berbasis Apilkasi
Canva dalam Meningkatkan Minat dan
Motivasi Belajar Anak Usia Dini di PAUD
Al Muhaimin Bondowoso.” Equilibrium:
Jurnal Pendidikan 10(3): 397-408. https://
doi.org/10.26618/equilibrium.v10i3.8583
Fatmawati, S. R. (2015). “Pemerolehan
Bahasa Pertama Anak Menurut Tinjauan
Psikolinguistik.” Lentera 17(1). https://
doi.org/10.21093/lj.v17i1.429
Gardner, R. C. (1968). “Attitudes and
Motivation: Their Role in SecondLanguage Acquisition.” TESOL quarterly
(3): 141-150. https://www.jstor.org/
stable/3585571
Gass, S. M., et al. (2020). Second
Language Acquisition: An Introductory
Course, Routledge. https://doi.
org/10.4324/9781315181752
Ikawati, E. (2013). “Upaya Meningkatkan
Minat Membaca pada Anak Usia Dini.”
Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan
dan Sains 1(02). https://doi.org/10.24952/
logaritma.v1i02.219
Kemdikbud, B. B. (2018). “Kamus Besar
Bahasa Indonesia (KBBI).” Edisi lima.
Keraf, G. (1994). Komposisi: Sebuah
Pengantar Kemahiran Bahasa, Nusa Indah.
https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.
aspx?id=465600
K h a i r i , H . ( 2 0 1 8 ) . “ K a r a k t e r i s t i k
Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6
Tahun.” Jurnal warna 2(2): 15-28. https://
ejournal.iaiig.ac.id/index.php/warna/
article/view/87
Khaironi, M. (2018). “Perkembangan Anak
Usia Dini.” Jurnal Golden Age 2(01): 01-
https://doi.org/10.29408/goldenage.
v2i01.739
Kholid, I. (2017). “Motivasi dalam
Pembelajaran Bahasa Asing.” English
Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris
(1): 61-71. https://doi.org/10.24042/eejtbi.v10i1.875
Khomsin, K. and R. Rahimmatussalisa (2021).
“Efektivitas Media Permainan Ular
Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan
Mengenal Kosakata Bahasa Inggris pada
Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan
Anak 10(1): 25-33. doi: 10.21831/jpa.
v10i1.37872
Krashen, S. (1981). “Second Language
Acquisition.” Second Language Learning
(7): 19-39.
Kuhl, P. K. (2000). “A New View of
Language Acquisition.” Proceedings of
the National Academy of Sciences 97(22):
-11857. https://doi.org/10.1073/
pnas.97.22.11850
Kuhl, P. K., et al. (2008). “Phonetic Learning
as A Pathway to Language: New Data
and Native Language Magnet Theoryexpanded (NLM-e).” Philosophical
Mlangun Jurnal Ilmiah Kebahasaan & Kesastraan
Volume 20, Nomor 2, Desember 2023
Transactions of the Royal Society B:
Biological Sciences 363(1493): 979-1000.
https://doi.org/10.1098/rstb.2007.2154
Lowenberg, P. H. (1991). “English as An
Additional Language in Indonesia.” World
Englishes 10(2): 127-138. https://doi.
org/10.1111/j.1467-971X.1991.tb00146.x
Manurung, R. T. (2014). “Pemerolehan
Bahasa pada Anak 4-5 Tahun dengan
Stimulasi Games Edukasi1.” Ranah:
Jurnal Kajian Bahasa 3(2): 80-93. https://
doi.org/10.26499/rnh.v3i2.7
McLaughlin, B. (2013). “Second Language
Acquisition in Childhood: Volume 2:
School-Age Children.”
Moleong, L. J. (2017). “Metode Penelitian
Kualitatif.” Remaja Rosda Karya.
https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.
aspx?id=1133305
Mulyanti, E. and M. F. Sya (2023). “Pemerolehan
Kosakata Bahasa Inggris dengan Media
Kartu Bergambar di Sekolah Dasar.”
KARIMAH TAUHID 2(2): 504-409. https://
doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i2.7849
Nurlaila, N. (2021). “Konsep Pemerolehan
Bahasa dan Implikasinya terhadap
Pembelajaran Bahasa.” Fitrah: Jurnal
Studi Pendidikan 12(1): 47-64. https://
doi.org/10.47625/fitrah.v12i1.349
O’Grady, W. and S. W. Cho (2001). “First
Language Acquisition.” Contemporary
linguistics: An introduction: 409-448.
Ortega, L. (2011). “Second Language
Acquisition.” The Routledge handbook of
applied linguistics: 171-184.
Paradis, J. and A. Kirova (2014). “English
Second-Language Learners in Preschool:
Profile Effects in Their English Abilities
and The Role of Home Language
Environment.” International Journal of
Behavioral Development 38(4): 342-349.
https://doi.org/10.1177/01650254145306
Pertiwi, A. B., et al. (2021). “Metode
Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris
pada Anak Usia Dini.” Kumara Cendekia
(2): 95-105. https://doi.org/10.20961/
kc.v9i2.49037
Purba, A. (2013). “Peranan Lingkungan
Bahasa dalam Pemerolehan Bahasa
Kedua.” Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa
dan Sastra 2(2). https://online-journal.
unja.ac.id/pena/article/view/1447
Rahmawati, N. (2014). “Pengaruh Media
Pop-Up Book terhadap Penguasaan
Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun di TK
Putera Harapan Surabaya.” Paud Teratai
(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.
php/paud-teratai/article/view/6917
Rice, M. L. (1989). “Children’s Language
Acquisition.” American psychologist
(2): 149. https://doi.org/10.1037/0003-
X.44.2.149
Risarani, S. T., et al. (2023). “Pemerolehan
Bahasa Inggris Anak Usia Dini.” Edu
Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Pemerolehan Kosakata Bahasa Inggris ...
Achril Zalmansyah; Syadita Tria Risarani; Fachri Muhammad Rasyid et al.
(01): 204-212. doi: 10.47709/
educendikia.v3i01.2435
Ryeo, P. J. (2019). “Pemerolehan Bahasa
Kedua (Bahasa Indonesia) pada Anak Usia
tahun.” Ksatra: Jurnal Kajian Bahasa
Dan Sastra 1(1): 15-28.
Sahasti, J. P. (2020). “Pemerolehan Bahasa
pada Anak Usia 2-3 Tahun melalui Metode
Bernyanyi di Paud Nur Insani Piyaman,
Wonosari, Gunungkidul.” Medan Makna:
Jurnal Ilmu Kebahasaan Dan Kesastraan
(2): 198-207. https://doi.org/10.26499/
mm.v16i2.845
Samsudin, D., et al. (2021). “The Representation of Cultural Values in Korean as A Foreign Language (KFL) Textbook.” Indonesian Journal of Applied Linguistics 10(3): 628-638. https://core. ac.uk/download/pdf/389612094.pdf
Saud, S. and A. Abduh (2017). Foreign Language Roles in Indonesian Education. 8th International Conference of Asian
Association of Indigenous and Cultural Psychology (ICAAIP 2017), Atlantis Press. doi: 10.2991/icaaip-17.2018.39
Schachter, J. (1990). “On The Issue of Completeness in Second Language acquisition.” Interlanguage studies bulletin (Utrecht) 6(2): 93-124. https://doi.org/10.1177/026765839000600201
Schumann, J. H. (1975). “Affective Factors and The Problem of Age in Second Language Acquisition.” Language learning 25(2): 209-235. https://doi.org/10.1111/j.1467-1770.1975.tb00242.x
Setiyadi, A. C. and M. S. u. Salim (2013). “Pemerolehan Bahasa Kedua Menurut Stephen Krashen.” At-Ta’dib 8(2). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v8i2.504
Singleton, D. (2001). “Age and Second Language Acquisition.” Annual review of applied linguistics 21: 77-89. https://doi.
org/10.1017/S0267190501000058
Spada, N. and P. M. Lightbown (2019). Second Language Acquisition. An introduction to applied linguistics, Routledge: 111-127.
Suardi, I. P., et al. (2019). “Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak
Usia Dini 3(1): 265-273. doi: 10.31004/obsesi.v3i1.160
Sudaryanto, S. (2015). “Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa.” Yogyakarta: Appti. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=196071
Sugiyono, D. (2013). “Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.” https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.
aspx?id=853411
Suparman, S. (2022). “Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3 Tahun.” Jurnal Penelitian Pendidikan 7(1). https://doi.org/10.31943/bi.v7i1.145
Suryana, D. (2014). “Hakikat Anak Usia Dini.” Dasar-dasar pendidikan TK 1: 5-10. https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/
uploads/pdfmk/PAUD4107-M1.pdf
Swastyastu, L. T. J. (2020). “Manfaat Media Pembelajaran dalam Pemerolehan Bahasa Kedua Anak Usia Dini.” Pratama Widya:
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1): 52-59. https://doi.org/10.25078/pw.v5i1.1359
Syaprizal, M. P. (2019). “Proses Pemerolehan Bahasa pada Anak.” AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam)
(2): 75-86. https://doi.org/10.36378/alhikmah.v1i2.213
Tarigan, H. G. (1985). “Pengajaran Kosakata.” ANGKASA CV.
Wattendorf, E. and J. Festman (2008). “Images of The Multilingual Brain: The Effect of Age of Second Language Acquisition.”
Annual review of applied linguistics 28: 3-24. https://doi.org/10.1017/S0267190508080033
Wekke, I. S. (2015). “Arabic Teaching and Learning: A Model from Indonesian Muslim Minority.” Procedia-Social and Behavioral Sciences 191: 286-290. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.236
Wulandari, D. I. (2018). “Pemerolehan Bahasa Indonesia Anak Usia 3-5 tahun di PAUD Lestari Desa Blimbing Kecamatan Paciran
kabupaten Lamongan.” Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 2(1). https://doi.org/10.30651/lf.v2i1.1346
Yuliana, R. (2020). “Pemerolehan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Kedua pada Siswa Thailand di MA Nurul Islam Jember.” BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 5(1): 111-122. https://doi.org/10.32528/bb.v5i1.2989
Zalmansyah, A. (2014). “Kesalahan Berbahasa dalam Karangan Siswa Sekolah Dasar
(Sebuah Kajian Berdasarkan Taksonomi Kesalahan Berbahasa)_(Language Errors in Students’ Elementary School Essays, An Analysis Based on Three Language Errors Taxonomies).” Salingka 11(02): 220-232. https://doi.org/10.26499/salingka.v11i02.21
Zalmansyah, A. (2017). “Meningkatkan Perbendaharaan Kata (Vocabulary) Siswa dengan Menggunakan Komik Strip sebagai
Media Pembelajaran Bahasa Inggris.” Kandai 9(2): 262-275. doi: https://doi.org/10.26499/jk.v9i2.292
Zalmansyah, A. (2019). “Bahasa Lampung di Kalangan Anak Muda Lampung.” Kelasa 14(2): 145-156. http://doi.org/10.26499/kelasa.v14i2.2