PEMEROLEHAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI

Main Article Content

Achril Zalmansyah
Syadita Tria Risarani
Fachri Muhammad Rasyid
Farah Khalda Arinta
Nita Herlina
Deslaniar Rozani R
Muslim Haznamsyah

Abstract

Peran bahasa sebagai alat komunikasi, baik lisan maupun tulis merupakan tuntutan


seseorang untuk mempelajarinya. Manusia tidak mungkin berkomunikasi dengan


mengabaikan bahasa karena kaitannya sebagai makhluk sosial. Seorang anak yang


mempelajari bahasa, baik sebagai bahasa pertama, maupun sebagai bahasa keduanya


tak lepas dari proses pemerolahan bahasa. Riset ini mengkaji pemerolehan bahasa


anak pada tataran dasar dalam bahasa kedua, yaitu bahasa Inggris, khususnya aspek


perbendaharan kata/vocabulary. Metode deskriptif kualitatif digunakan pada riset ini


dengan melibatkan anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana


hasil pemerolehan kosakata bahasa Inggris anak usia dini dengan temuan bahwa anak


mengalami kesulitan di dalam pelafalan (fonologi) untuk beberapa kosakata tertentu


dan media pembelajaran yang menarik dapat menggugah minat dan motivasi anak


dalam belajar.

Article Details

How to Cite
Zalmansyah, A. ., Risarani, . S. T. ., Rasyid, F. M. ., Arinta, F. K. ., Herlina, N. ., Rozani R, D. ., & Haznamsyah, M. . (2023). PEMEROLEHAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI. Mlangun: Jurnal Ilmiah Kebahasaan Dan Kesastraan, 20(2), 31–46. Retrieved from https://jurnalmlangun.kemdikbud.go.id/ojs2022/index.php/mlangun/article/view/91
Section
Articles

References

Adlini, M. N., et al. (2022). “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6(1): 974-980. https://

doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Alam, S. K. and R. H. Lestari (2019). “Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1): 274-279. doi: 10.31004/obsesi.v4i1.301

Alamsyah, A. (2018). Local Language, Bahasa Indonesia, or Foreign Language? 1st International Conference on Intellectuals’

G l o b a l R e s p o n s i b i l i t y ( I C I G R

, Atlantis Press. doi: 10.2991/

icigr-17.2018.15

Alwasilah, C. (2013). “Policy on Foreign

Language Education in Indonesia.”

International Journal of Education

(1): 1-19. https://www.learntechlib.

org/p/208914/.

Andini, H. (2018). “Pemerolehan Bahasa

Indonesia pada Anak Usia 0-2 Tahun:

Kajian Psikolinguistik.” LINGUA: Jurnal

Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 15(1):

-52. https://doi.org/10.30957/lingua.

v15i1.429

Ardy, W. N. (2016). “Konsep Dasar PAUD.”

Yogyakarta: Gava Media.

Aritonang, K. T. (2008). “Minat dan Motivasi

dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.”

Jurnal pendidikan penabur 7(10): 11-21.

Ariyanto, A., et al. (2023). “PKM Gizi

Seimbang Anak Usia Pra-Sekolah di

TK Islam Baiturrahim.” Jurnal Abdimas

Kesehatan (JAK) 5(1): 12-17. http://

dx.doi.org/10.36565/jak.v5i1.369

Birdsong, D. (2006). “Age and second

language acquisition and processing: A

selective overview.” Language learning

: 9-49.

Campbell, R. and R. Wales (1970). “The study

of language acquisition.” New horizons in

linguistics 1: 242-260.

Chaer, A. (2003). Psikolinguistik: Kajian

Teoretik, Rineka Cipta.

Clark, E. V. and M. Casillas (2015). First Language

Acquisition. The Routledge handbook of

linguistics, Routledge: 311-328.

Dardjowidjojo, S. (2000). Echa Kisah

Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia,

Penerbit Universitas Katolik Indonesia

Atma Jaya.

Dardjowidjojo, S. (2003). Psikolinguistik:

Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia,

Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Dulay, H. (1982). Language Two, ERIC.

https://eric.ed.gov/?id=ED227699

Dulay, H. C. and M. K. Burt (1974).

“Natural Sequences in Child Second

Language Acquisition 1.” Language

learning 24(1): 37-53. https://doi.

org/10.1111/j.1467-1770.1974.tb00234.x

Duncan, T. S. and J. Paradis (2020). “Home

Language Environment and Children’s

Second Language Acquisition: The

Special Status of Input from Older

Siblings.” Journal of Child Language

(5): 982-1005. https://doi.org/10.1017/

S0305000919000977

Pemerolehan Kosakata Bahasa Inggris ...

Achril Zalmansyah; Syadita Tria Risarani; Fachri Muhammad Rasyid et al.

Fajri, Z., et al. (2022). “Pemanfaatan Media

Pembelajaran Visual Berbasis Apilkasi

Canva dalam Meningkatkan Minat dan

Motivasi Belajar Anak Usia Dini di PAUD

Al Muhaimin Bondowoso.” Equilibrium:

Jurnal Pendidikan 10(3): 397-408. https://

doi.org/10.26618/equilibrium.v10i3.8583

Fatmawati, S. R. (2015). “Pemerolehan

Bahasa Pertama Anak Menurut Tinjauan

Psikolinguistik.” Lentera 17(1). https://

doi.org/10.21093/lj.v17i1.429

Gardner, R. C. (1968). “Attitudes and

Motivation: Their Role in SecondLanguage Acquisition.” TESOL quarterly

(3): 141-150. https://www.jstor.org/

stable/3585571

Gass, S. M., et al. (2020). Second

Language Acquisition: An Introductory

Course, Routledge. https://doi.

org/10.4324/9781315181752

Ikawati, E. (2013). “Upaya Meningkatkan

Minat Membaca pada Anak Usia Dini.”

Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan

dan Sains 1(02). https://doi.org/10.24952/

logaritma.v1i02.219

Kemdikbud, B. B. (2018). “Kamus Besar

Bahasa Indonesia (KBBI).” Edisi lima.

Keraf, G. (1994). Komposisi: Sebuah

Pengantar Kemahiran Bahasa, Nusa Indah.

https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.

aspx?id=465600

K h a i r i , H . ( 2 0 1 8 ) . “ K a r a k t e r i s t i k

Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6

Tahun.” Jurnal warna 2(2): 15-28. https://

ejournal.iaiig.ac.id/index.php/warna/

article/view/87

Khaironi, M. (2018). “Perkembangan Anak

Usia Dini.” Jurnal Golden Age 2(01): 01-

https://doi.org/10.29408/goldenage.

v2i01.739

Kholid, I. (2017). “Motivasi dalam

Pembelajaran Bahasa Asing.” English

Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris

(1): 61-71. https://doi.org/10.24042/eejtbi.v10i1.875

Khomsin, K. and R. Rahimmatussalisa (2021).

“Efektivitas Media Permainan Ular

Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan

Mengenal Kosakata Bahasa Inggris pada

Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan

Anak 10(1): 25-33. doi: 10.21831/jpa.

v10i1.37872

Krashen, S. (1981). “Second Language

Acquisition.” Second Language Learning

(7): 19-39.

Kuhl, P. K. (2000). “A New View of

Language Acquisition.” Proceedings of

the National Academy of Sciences 97(22):

-11857. https://doi.org/10.1073/

pnas.97.22.11850

Kuhl, P. K., et al. (2008). “Phonetic Learning

as A Pathway to Language: New Data

and Native Language Magnet Theoryexpanded (NLM-e).” Philosophical

Mlangun Jurnal Ilmiah Kebahasaan & Kesastraan

Volume 20, Nomor 2, Desember 2023

Transactions of the Royal Society B:

Biological Sciences 363(1493): 979-1000.

https://doi.org/10.1098/rstb.2007.2154

Lowenberg, P. H. (1991). “English as An

Additional Language in Indonesia.” World

Englishes 10(2): 127-138. https://doi.

org/10.1111/j.1467-971X.1991.tb00146.x

Manurung, R. T. (2014). “Pemerolehan

Bahasa pada Anak 4-5 Tahun dengan

Stimulasi Games Edukasi1.” Ranah:

Jurnal Kajian Bahasa 3(2): 80-93. https://

doi.org/10.26499/rnh.v3i2.7

McLaughlin, B. (2013). “Second Language

Acquisition in Childhood: Volume 2:

School-Age Children.”

Moleong, L. J. (2017). “Metode Penelitian

Kualitatif.” Remaja Rosda Karya.

https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.

aspx?id=1133305

Mulyanti, E. and M. F. Sya (2023). “Pemerolehan

Kosakata Bahasa Inggris dengan Media

Kartu Bergambar di Sekolah Dasar.”

KARIMAH TAUHID 2(2): 504-409. https://

doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i2.7849

Nurlaila, N. (2021). “Konsep Pemerolehan

Bahasa dan Implikasinya terhadap

Pembelajaran Bahasa.” Fitrah: Jurnal

Studi Pendidikan 12(1): 47-64. https://

doi.org/10.47625/fitrah.v12i1.349

O’Grady, W. and S. W. Cho (2001). “First

Language Acquisition.” Contemporary

linguistics: An introduction: 409-448.

Ortega, L. (2011). “Second Language

Acquisition.” The Routledge handbook of

applied linguistics: 171-184.

Paradis, J. and A. Kirova (2014). “English

Second-Language Learners in Preschool:

Profile Effects in Their English Abilities

and The Role of Home Language

Environment.” International Journal of

Behavioral Development 38(4): 342-349.

https://doi.org/10.1177/01650254145306

Pertiwi, A. B., et al. (2021). “Metode

Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris

pada Anak Usia Dini.” Kumara Cendekia

(2): 95-105. https://doi.org/10.20961/

kc.v9i2.49037

Purba, A. (2013). “Peranan Lingkungan

Bahasa dalam Pemerolehan Bahasa

Kedua.” Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa

dan Sastra 2(2). https://online-journal.

unja.ac.id/pena/article/view/1447

Rahmawati, N. (2014). “Pengaruh Media

Pop-Up Book terhadap Penguasaan

Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun di TK

Putera Harapan Surabaya.” Paud Teratai

(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.

php/paud-teratai/article/view/6917

Rice, M. L. (1989). “Children’s Language

Acquisition.” American psychologist

(2): 149. https://doi.org/10.1037/0003-

X.44.2.149

Risarani, S. T., et al. (2023). “Pemerolehan

Bahasa Inggris Anak Usia Dini.” Edu

Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Pemerolehan Kosakata Bahasa Inggris ...

Achril Zalmansyah; Syadita Tria Risarani; Fachri Muhammad Rasyid et al.

(01): 204-212. doi: 10.47709/

educendikia.v3i01.2435

Ryeo, P. J. (2019). “Pemerolehan Bahasa

Kedua (Bahasa Indonesia) pada Anak Usia

tahun.” Ksatra: Jurnal Kajian Bahasa

Dan Sastra 1(1): 15-28.

Sahasti, J. P. (2020). “Pemerolehan Bahasa

pada Anak Usia 2-3 Tahun melalui Metode

Bernyanyi di Paud Nur Insani Piyaman,

Wonosari, Gunungkidul.” Medan Makna:

Jurnal Ilmu Kebahasaan Dan Kesastraan

(2): 198-207. https://doi.org/10.26499/

mm.v16i2.845

Samsudin, D., et al. (2021). “The Representation of Cultural Values in Korean as A Foreign Language (KFL) Textbook.” Indonesian Journal of Applied Linguistics 10(3): 628-638. https://core. ac.uk/download/pdf/389612094.pdf

Saud, S. and A. Abduh (2017). Foreign Language Roles in Indonesian Education. 8th International Conference of Asian

Association of Indigenous and Cultural Psychology (ICAAIP 2017), Atlantis Press. doi: 10.2991/icaaip-17.2018.39

Schachter, J. (1990). “On The Issue of Completeness in Second Language acquisition.” Interlanguage studies bulletin (Utrecht) 6(2): 93-124. https://doi.org/10.1177/026765839000600201

Schumann, J. H. (1975). “Affective Factors and The Problem of Age in Second Language Acquisition.” Language learning 25(2): 209-235. https://doi.org/10.1111/j.1467-1770.1975.tb00242.x

Setiyadi, A. C. and M. S. u. Salim (2013). “Pemerolehan Bahasa Kedua Menurut Stephen Krashen.” At-Ta’dib 8(2). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v8i2.504

Singleton, D. (2001). “Age and Second Language Acquisition.” Annual review of applied linguistics 21: 77-89. https://doi.

org/10.1017/S0267190501000058

Spada, N. and P. M. Lightbown (2019). Second Language Acquisition. An introduction to applied linguistics, Routledge: 111-127.

Suardi, I. P., et al. (2019). “Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak

Usia Dini 3(1): 265-273. doi: 10.31004/obsesi.v3i1.160

Sudaryanto, S. (2015). “Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa.” Yogyakarta: Appti. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=196071

Sugiyono, D. (2013). “Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.” https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.

aspx?id=853411

Suparman, S. (2022). “Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3 Tahun.” Jurnal Penelitian Pendidikan 7(1). https://doi.org/10.31943/bi.v7i1.145

Suryana, D. (2014). “Hakikat Anak Usia Dini.” Dasar-dasar pendidikan TK 1: 5-10. https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/

uploads/pdfmk/PAUD4107-M1.pdf

Swastyastu, L. T. J. (2020). “Manfaat Media Pembelajaran dalam Pemerolehan Bahasa Kedua Anak Usia Dini.” Pratama Widya:

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1): 52-59. https://doi.org/10.25078/pw.v5i1.1359

Syaprizal, M. P. (2019). “Proses Pemerolehan Bahasa pada Anak.” AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam)

(2): 75-86. https://doi.org/10.36378/alhikmah.v1i2.213

Tarigan, H. G. (1985). “Pengajaran Kosakata.” ANGKASA CV.

Wattendorf, E. and J. Festman (2008). “Images of The Multilingual Brain: The Effect of Age of Second Language Acquisition.”

Annual review of applied linguistics 28: 3-24. https://doi.org/10.1017/S0267190508080033

Wekke, I. S. (2015). “Arabic Teaching and Learning: A Model from Indonesian Muslim Minority.” Procedia-Social and Behavioral Sciences 191: 286-290. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.236

Wulandari, D. I. (2018). “Pemerolehan Bahasa Indonesia Anak Usia 3-5 tahun di PAUD Lestari Desa Blimbing Kecamatan Paciran

kabupaten Lamongan.” Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 2(1). https://doi.org/10.30651/lf.v2i1.1346

Yuliana, R. (2020). “Pemerolehan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Kedua pada Siswa Thailand di MA Nurul Islam Jember.” BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 5(1): 111-122. https://doi.org/10.32528/bb.v5i1.2989

Zalmansyah, A. (2014). “Kesalahan Berbahasa dalam Karangan Siswa Sekolah Dasar

(Sebuah Kajian Berdasarkan Taksonomi Kesalahan Berbahasa)_(Language Errors in Students’ Elementary School Essays, An Analysis Based on Three Language Errors Taxonomies).” Salingka 11(02): 220-232. https://doi.org/10.26499/salingka.v11i02.21

Zalmansyah, A. (2017). “Meningkatkan Perbendaharaan Kata (Vocabulary) Siswa dengan Menggunakan Komik Strip sebagai

Media Pembelajaran Bahasa Inggris.” Kandai 9(2): 262-275. doi: https://doi.org/10.26499/jk.v9i2.292

Zalmansyah, A. (2019). “Bahasa Lampung di Kalangan Anak Muda Lampung.” Kelasa 14(2): 145-156. http://doi.org/10.26499/kelasa.v14i2.2