ANALISIS LOGO PEMERINTAHAN PROVINSI JAMBI: PERSPEKTIF SEMIOTIK CHARLES SANDERS PIERCE

Main Article Content

Mohd. Norma Sampoerno
Maratun Saadah

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui makna yang terkandung dalam logo Provinsi


Jambi dalam perspektif semiotik Charles sanders pierce. Logo merupakan elemen


grafis yang digunakan untuk mewakili bisnis, sekelompok orang, benda, tempat, atau


benda dengan makna atau filosofi yang berasal dari identitas dan budaya tempat itu.


Organisasi, institusi, atau entitas lain dipisahkan dari entitas lain dengan logonya.


Metode yang digunakan deskriptif kualitatif serta menggunakan teknik yang digunakan


adalah analisis semiotik dengan pendekatan analisis semiotika Charles Sanders.


Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat bentuk persegi lima dalam logo


Provinsi Jambi yang secara umum memiliki makna menjunjung tinggi Pancasila sebagai


falsafah dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Logo Provinsi Jambi memiliki 8 ikon,


yakni bentuk persegi lima, bentuk enam lobang mesjid dan fondasi mesjid dua susun


batu di atas lima dan di bawah tujuh, bentuk keris siginjai, bentuk mesjid, bentuk pita


bentuk cerana, bentuk gong;bentuk empat garis serta memiliki 6 warna yang memiliki


makna di setiap warnanya dan memiliki tulisan sepucuk jambi Sembilan lurah yang


memiliki makna kebesaran kesatuan wilayah geografis 9 DAS dan lingkup wilayah adat


dari Jambi.

Article Details

How to Cite
Sampoerno, M. N. ., & Saadah, . M. . (2023). ANALISIS LOGO PEMERINTAHAN PROVINSI JAMBI: PERSPEKTIF SEMIOTIK CHARLES SANDERS PIERCE. Mlangun: Jurnal Ilmiah Kebahasaan Dan Kesastraan, 20(2), 77–92. Retrieved from https://jurnalmlangun.kemdikbud.go.id/ojs2022/index.php/mlangun/article/view/94
Section
Articles

References

Anwar, R. K., Hapsari, I. A., & Sinaga, D. (2018). Analisis semiotik Charles Sanders Pierce mengenai logo baru Perpustakaan

Nasional Republik Indonesia. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan. https://doi.org/10.24198/jkip.v6i2.15689

Hardiyarso, S. (2020). Visual Communication Ethics: Searching for the Truth in Understanding Between What Is Seen and

Thought. Jurnal Komunikasi Dan Media.

Hidayatullah, S., Andri, F., & Ikhsan, T. (2018). Bentuk-Bentuk Perjuangan Ulama Dalam Mempertahankan Kemerdekaan Di

Jambi (1945-1949). UNJA.

Lalamentik, T. S., Rondonuwu, S., & Harilama, S. H. (2019). Peran Komunikasi Antarpribadi Orang Tua Dalam Mengawasi Penggunaan

Game Smartphone Pada Anak Di Kelurahan Bahu Manado. Act Diurna Komunikasi.

Liyuan, Z. (2017). A Brief Discussion of the Generation of Meaning in Literary Works: A Hermeneutic Examination. Social

Sciences in China. https://doi.org/10.1080/02529203.2017.1376970

Patriansah, M., & Sapitri, R. (2022). Tanda Dalam Komunikasi Visual Iklan Layanan Masyarakat : Analisis Semiotika Peirce.

Demandia. https://doi.org/10.25124/demandia.v7i1.3654

Ratmanto, T. (2004). Pesan: Tinjauan Bahasa, Semiotika, dan Hermeneutika. Mediator: Jurnal Komunikasi.

Susilo, A., & Sarkowi, S. (2020). Sejarah Surulangun Sebagai Ibukota Onder Afdeling Rawas Tahun 1901-1942.

AGASTYA: JURNAL SEJARAH DAN PEMBELAJARANNYA. https://doi.org/10.25273/ajsp.v10i1.5109

Tinarbuko, S. (2017). Semiotika Tanda Verbal dan Tanda Visual Iklan Layanan Masyarakat. Panggung. https://doi.org/10.26742/panggung.v26i2.175

Wahdaniah, I., Toni, A., & Ritonga, R. (2020). Makna Logo Dinas Penerangan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut. Warta

ISKI. https://doi.org/10.25008/wartaiski. v3i01.57

Yasin, N. I., & Jannah, M. (2020). Raden Mattaher sebagai Tonggak Sejarah Perjuangan Kemerdekaan Indonesia di Jambi. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah. https://doi.org/10.31540/sindang.v3i1.919

Zahro, F. (2022). Semiotika Michael Riffaterre Dalam Puisi Fî ‘Ainika Unwanî Karya Faruq Juwaidah. Tsaqofiya : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab. https://doi.org/10.21154/tsaqofiya.v4i1.81